Maxima Maxima Maxima Maxima
EN / ID
  • About Us
    • About Maxima
    • Maxima Impact Framework
    • Careers
  • Our Solution
    • Purpose Driven Leadership
    • Live In
    • Change Management
    • Impact Research
    • Impact Measurement
    • Impact Reporting
    • Scholarship Management
    • Community Activation
    • Ecosystem Restoration
  • Insight
    • Maxima Insight
    • Intellectual Publication
  • Projects
  • Collaborate
Maxima

Home / Insight / Blog / Meniti Jalan Kecil Sustainability

Meniti Jalan Kecil Sustainability

Mei 28, 2024 3 minutes reading_timeadmin
Meniti Jalan Kecil Sustainability

Jika ditanya bagaimana membangun bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan—jawabannya relatif mudah: turunkan emisi, kelola sampah, kurangi air dan energi, intinya: jadilah perusahaan hijau. Pertanyaannya kemudian, bagaimana untuk bisnis jasa seperti konsultan, event organizer, atau industri kreatif. Sepertinya jauh lebih merancang roadmap bisnis yang sarat dengan masalah lingkungan sekaligus menjadi usaha yang relatif tidak berdampak buruk signifikan terhadap lingkungan.

Pertanyaan ini dimulai pekan lalu, ketika berdiskusi dengan Maghleb Elmir, co-Founder sekaligus eksekutif di Maxima Impact Consulting. Pertanyaannya sederhana,

Bagaimana perusahaan dengan jejak karbon yang tidak signifikan seperti Maxima berpartisipasi dalam keberlanjutan?

Jawabannya pernah ditulis Andrew Winston dalam artikelnya tentang SAP di Harvard Business Review edisi Mei 2010. Menariknya, apa yang ditawarkan Winston dalam tulisannya itu ternyata sudah dilakukan Maxima.

Pertama, Walk the Talk.

Lakukan apa yang kamu sarankan. Keberlanjutan bisnis biasanya mengacu pada tindakan dan strategi perusahaan untuk mengurangi dampak negatif mereka terhadap lingkungan. Sejak tahun lalu Maxima sudah mulai mengukur jejak karbon mereka, mulai dari sampah, penggunaan air, sampai tagihan listrik (untuk menghitung konsumsi energi dan emisi). Seusai pandemi, diterapkan juga kombinasi work-from-home dan work-from-the office, yang berdampak pada pengurangan emisi dari transportasi. Idenya sederhana saja: Kenali lalu kurangi jejak karbon!

Kedua, Talk the Walk.

Mengajak para pegawai, mitra, klien, dan para pemangku pemangku kepentingan untuk bergabung dalam langkah keberlanjutan ini. Berbagi dalam town hall meeting, menjadi agen perubahan, atau membagi inspirasi dan pembelajaran melalui blog atau unggahan di LinkedIn. Yakinlah, makin banyak orang terlibat makin besar dampak tercipta.

Ketiga, berkolaborasi dengan klien untuk mengurangi dampak ekologis mereka.

Sebagai perusahaan yang menawarkan layanan keberlanjutan, Maxima dapat dan sudah mendorong praktik bisnis berkelanjutan dengan mendorong rapat-rapat secara daring, yang mengurangi konsumsi waktu dan energi, menggunakan perangkat lunak dan digital platform untuk berbagi pekerjaan dan dokumen, yang pasti berdampak pada konsumsi kertas—juga listrik dan tinta!—serta mempromosikan produk-produk lokal dan ramah lingkungan. Tahun lalu saya diberi oleh-oleh tote bag dan tumbler, yang sampai sekarang hampir tiap hari dipakai.

Keempat, penting untuk secara jelas mengkomunikasikan layanan yang Anda miliki dan membantu klien mencapai keberlanjutan mereka.

Biasanya praktik keberlanjutan dilihat dari indikator lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Maxima mengoptimalkan keahlian mereka dalam pengukuran dampak untuk membantu klien memahami dan menerjemahkan indikator-indikator tersebut menjadi topik relevan dan bermakna bagi bisnis mereka. Push your rank by helping others to do so.

Jadi, jika Anda belum menemukan peran yang tepat untuk terlibat dalam semesta sustainability ini, mungkin perjalanan awal Maxima bisa menjadi contoh. Bagaimana memadukan bisnis hijau, bisnis berkelanjutan, dan pertumbuhan bisnis. WWF dulu punya slogan menarik tentang ini: What is good for the earth is good for the business.

Daftar Isi
  • Bagaimana perusahaan dengan jejak karbon yang tidak signifikan seperti Maxima berpartisipasi dalam keberlanjutan?
    • Pertama, Walk the Talk.
    • Kedua, Talk the Walk.
    • Ketiga, berkolaborasi dengan klien untuk mengurangi dampak ekologis mereka.
    • Keempat, penting untuk secara jelas mengkomunikasikan layanan yang Anda miliki dan membantu klien mencapai keberlanjutan mereka.
RELATED ARTICLES
  1. Masa Depan Sustainability di Tengah Melemahnya Komitmen Global terhadap ESG
  2. Bagaimana Memastikan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) Memberikan Dampak Optimal?
  3. Inspirasi Wanita Melawan Stigma Menjadi Pemimpin
  4. Penyebab Banjir Bekasi: Memahami Akar Masalah dan Solusi Sistemik
  5. Menakar Ketangguhan ESG di Tengah Krisis: Potensi atau Ilusi?
Leading the Bandwagon of Transforming Indonesia
MAXIMA IMPACT CONSULTING

Lab Pela, Jl. Bambu Kuning No.285, RT.2/RW.5, Pulo, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12160

Lihat Peta
Dapatkan berita terbaru dari kami

    © 2024 Maxima Impact Consulting, All Rights Reserved
    • About Us
      • About Maxima
      • Maxima Impact Framework
      • Careers
    • Our Solution
      • Purpose Driven Leadership
      • Live In
      • Change Management
      • Impact Research
      • Impact Measurement
      • Impact Reporting
      • Scholarship Management
      • Community Activation
      • Ecosystem Restoration
    • Insight
      • Maxima Insight
      • Intellectual Publication
    • Projects
    • Collaborate
    EN / ID
    Enter your
    text here
    • English
    • Bahasa Indonesia
    Login to Maxima
    Lost Password?
    Reset Password
    Enter the username or e-mail you used in your profile. A password reset link will be sent to you by email.
    Already have an account? Login
    ×